Selasa, 06 Oktober 2009

Cara Aman Cegah Selulit

Cara Aman Cegah Selulit

INILAH.COM, Jakarta - Setiap perempuan pasti sangat cemas dengan selulit. Gangguan pada kulit ini terjadi karena timbunan lemak di bawah kulit yang cenderung membuat seorang perempuan menjadi tidak percaya diri.

Memang ada banyak sekali cara menghilangkan selulit. Tapi Anda juga harus mencermati ada beberapa mitos yang kabarnya bisa menghilangkan selulit.

Mitos yang mengatakan banyak minum air putih bisa menghilangkan selulit. Tapi faktanya, air putih hanya akan menyehatkan kulit Anda saja, bukan menghilangkan selulit. Air putih juga akan memberikan kelembapan pada kulit anda saja.

Ada lagi mitos yang mengatakan bahwa olah raga akan menghilangkan selulit. Namun fakta ini salah, karena olah raga hanya akan membantu mencegah terjadinya selulit.

Dengan olah raga, risiko seluit akan lebih rendah daripada orang yang tidak berolah raga. Karena saat olah raga, lemak tubuh terbakar dan membentuk otot, sehingga tidak ada lemak yang tertimbun dalam kulit.

Anda mungkin juga mendengar bahwa dengan liposuction atau sedot lemak dapat menghilangkan selulit. Tapi jangan salah, liposuction hanya akan memperparah kondisi selulit, karena akan menyebabkan selulit semakin terlihat.

Liposuction hanya akan mengurangi lemak pada bagian tubuh tertentu saja. Tapi sebaiknya jangan digunakan sebagai metode untuk menghilangkan selulit.

Pembentukan selulit bisa dicegah dengan pijat. Fakta ini benar karena pijatan mampu menstimulus tubuh sehingga melancarkan sirkulasi getah bening dan menghancurkan jaringan lemak di bawah kulit.

Skin brushing pijat adalah pemijatan yang dilakukan dengan sikat atau sarung tangan. Lakukan pemijatan ini mulai dari telapak kaki lalu naik ke tubuh bagian atas. Anda bisa lakukan perawatan ini setiap hari sebelum mandi untuk membantu mengurangi pembentukan selulit.

Mitos mengatakan bahwa diet sehat akan mencegah selulit. Fakta ini sebenarnya salah, karena mengatur porsi dan jenis makanan memang sangat baik tetapi tidak mencegah pembentukan selulit.

Makanan yang sehat dapat menurunkan risiko pembentukan selulit. Makanan yang rendah akan kandungan lemak dan berserat tinggi serta mengandung karbohidrat yang lengkap akan lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Sisa makanan yang tidak terpakai oleh metabolisme akan langsung dibuang. Dengan begitu, lemak yang tersimpan sebagai cadangan makanan tidak banyak dan tidak menimbulkan selulit bagi Anda.

Mitos lain mengatakan bahwa selulit hanya ada pada kaum perempuan saja. Fakta ini salah karena lelaki pun bisa memiliki selulit. Tetapi jarang sekali kaum lelaki mempermasalahkan hal ini.

Nah untuk mencegah selulit, sebaiknya Anda mengkombinasikan diet sehat, olahraga, relaksasi, pijat atau perawatan spa. [L1]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar