Minggu, 24 Januari 2010

Bencana alam Gempa Bumi Haiti

Gempa Haiti yang sudah merupakan salah satu bencana dunia meninggalkan cerita dibalak gempa yang terjadi di Haiti tersebut, yang berkekuatan 7,0 Sr yang telah menghancurkan peradaban Haiti. Kita bisa membaca sebuah berita setelah terjadinya gempa haiti dua minggu yang lalu.- Langkah yang dilakukan bocah tujuh tahun ini pantas dipuji. Terpicu rasa simpati melihat rekaman seorang bocah diselamatkan dari reruntuhan bangunan akibat gempa di Haiti, dia langsung bergerak mengumpulkan dana. Alhasil, terkumpul hampir Rp750 juta.

Video gempa Haiti yang telah banyak tersebar, menunjukan kepada kita akibat dari bencana alam yang sangat dahsyat tersebut. Kita bisa mengikuti berita seputar gempa Haiti . Awalnya, Charlie mengumpulkan dana dengan mengendarai sepeda sejauh 8 kilometer mengitari sebuah taman di London, Inggris. Usahanya mengelilingi taman hanya menghasilkan 500 poundsterling atau sekira Rp7,4 juta.

Usaha Charlie kemudian dibantu sang ibu Ibunya, Leonora. Charlie pun membuka penggalangan dana melalui internet. Usahanya tak sia-sia, banyak orang memberikan donasi lewat situs yang dibuatnya tersebut.

"Rasa simpatinya amat besar, dan dia (Charlie) merasa perlu melakukan sesuatu. Dimulai dari bersepeda bersama ayahnya di taman, kini usahanya berubah menjadi sesuatu yang lebih besar," ungkap ibu Charlie, Leonora seperti dikutip AFP, Senin (25/1/2010).

"Charlie memang membanggakan, apa yang dia lakukan memang baik. Dia bekerja keras dan menghasilkan uang dalam jumlah besar untuk disumbangkan," lanjut Leonora.

Sumbangan yang berhasil dikumpulkan tercatat sebanyak 50 ribu poundsterling atau sekira Rp749,6 Juta. Dana yang didapat website JustGiving miliknya itu nantinya akan diberikan melalui badan PBB untuk anak-anak kesejahteraan anak-anak, Unicef.

Pihak Unicef sendiri menyatakan, ini merupakan pertama kalinya seseorang dapat mengumpulkan bantuan hingga Rp749,6 juta dalam sehari. "Menyenangkan rasanya melihat seorang anak memulai inisiatif memberikan bantuan, khususnya di Inggris yang berusaha memberikan bantuan kepada anak korban gempa di Haiti," ucap juru bicara Unicef, Michael Newsome.

Bantuan dari Charlie ini rencananya akan digunakan untuk penyediaan air bersih, sanitasi, pendidikan, penyedian nutrisi, serta perlindungan untuk anak-anak korban gempa Haiti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar